Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Saintifik
Keywords:
Pembelajaran,, Pendidikan Agama Islam,, IlmiahAbstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengalami banyak perubahan dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Sekolah (KTSP). Dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 ini menekankan pembelajaranSaintitik:1. Pelaksanaan pembelajaran PAI (Pendidikan Islam) yang meliputi pembelajaran berbasis Pra Ilmiah, Pembelajaran Sementara, dan pembelajaran pasca PAI (Pendidikan Islam) 2. Evaluasi Ilmiah3. Dampak Pembelajaran Ilmiah Berbasis PAI (Pendidikan Islam). Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi pembelajaran PAI berbasis Saintifik pada awal pembelajaran pada materi pembelajaran, guru inti pembelajaran telah melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan, pada akhirnya memberikan kegiatan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah kepada siswa. . Evaluasi pembelajaran PAI tahun 2013 penilaian pembelajaran dalam kurikulum menggunakan penilaian otentik yang mengukur kompetensi mulai dari kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berbasis proses bukan hanya hasil. Penilaian dilakukan dengan metode autentik, siswa dinilai dari beberapa aspek antara lain ulangan harian harian, portofolio, observasi, unjuk kerja, tugas dan ulangan semester. Dampak pembelajaran berbasis PAI Ilmiah dampak psikologis dari keilmuan ini adalah: menimbulkan rasa tanggung jawab antar peserta didik masing-masing, mempererat kedekatan antar siswa, guru dan siswa dapat bekerja sama untuk membahas mata pelajaran .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.