Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Pedoman Penulis

1. Penyerahan berkas

Karya tulis adalah hasil penelitian atau pemikiran yang berkaitan dengan bahasa dan sastra. Makalah harus terdiri dari karya asli yang belum diterbitkan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Makalah harus ditulis dalam bahasa Arab, Inggris atau Indonesia minimal 10 halaman dan tidak lebih dari 15 halaman.

2. Format kertas

Format kertas (A4), Times New Roman 12 dan spasi 1,5 untuk bahasa Indonesia dan Inggris, bahasa Arab tradisional 14 dan spasi 1 untuk bahasa Arab dalam format (*.doc atau *.docx).

Badan kertas sebagai berikut:

  1. Pendahuluan menguraikan latar belakang penelitian, masalah penelitian, tujuan, makna, pendekatan, dan metode.
  2. Pembahasan terdiri dari sub topik
  3. Penutup adalah kesimpulan dari hasil penelitian

Sub-judul makalah sebagai berikut:

Level Pertama   : Capital Letter-huruf kecil, Bold, Tengah

Level Kedua     : Capital Letter-huruf kecil, Bold, Tengah

Level Ketiga     : Capital Letter-huruf kecil, Bold, Italic, Center

Makalah hasil penelitian harus terdiri dari (a) Judul; (b) Nama penulis tanpa gelar akademik; (c) Abstrak (maksimum 200 kata); (d) Kata kunci; (e) Pendahuluan tanpa judul termasuk tinjauan pustaka dan tujuan terkait; (f) Metode; (g) Diskusi dan temuan; (h) Penutup; (i) Referensi dan (j) Lampiran.

Makalah hasil pemikiran harus terdiri dari (a) Judul; (b) Nama penulis tanpa gelar akademik; (c) Abstrak (maksimum 200 kata); (d) Kata kunci; (e) Pendahuluan tanpa judul; (f) Konten; (h) Penutup; dan (i) Referensi.

Judul

Judul tidak lebih dari 15 kata. Jika makalah berupa resume skripsi, maka judul makalah tidak boleh sama dengan judul skripsi karena makalah merupakan inti skripsi.

 Pengarang

Nama penulis tidak disertai dengan gelar akademik. Alamat korespondensi dan email harus ditulis dengan nama penulis. Jika penulis sedang belajar, nama universitas dapat dituliskan. Jika penulis lebih dari satu orang, semua nama penulis harus ditulis termasuk alamat korespondensi dan email.

 Abstrak dan kata kunci

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tidak lebih dari 200 kata yang meliputi masalah penelitian, kajian literatur terkait, metode, dan kesimpulan. Kata kunci tidak lebih dari lima kata.

Bibliografi

Sastra tidak membutuhkan lebih banyak buku, tetapi yang lebih penting adalah buku kecil yang berkaitan dengan topik.

Contoh penulisan daftar pustaka:

Littlejohn, SW (2002). Teori komunikasi manusia (edisi ke-7) California: Wadsworth.

(Nama belakang, inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit.)

Dengan demikian, penulisan daftar pustaka sesuai dengan APA (American Psychological Association) sebagai berikut:

 Referensi diterbitkan secara berkala

Daftar referensi yang diperoleh mencantumkan periode jurnal, majalah, surat kabar, dll:

Kernis, MH, Cornell, DP, Sun, C., Berry, A., & Harlow, T. (1993). Ada lebih banyak harga diri daripada tinggi atau rendah: Pentingnya stabilitas harga diri. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 65, 1190-1204.

 Referensi diterbitkan tidak secara berkala

Daftar referensi yang diperoleh mencantumkan judul dan subjudul buku, laporan, brosur, buku panduan, dan media audiovisual:

O'Neil, JM, & Egan, J. (1992). Perjalanan peran gender pria dan wanita: Metafora untuk penyembuhan, transisi, dan transformasi. Dalam BR Wainrib (Ed.), isu gender melintasi siklus hidup (hlm. 107-123). New York: Springer.

Referensi dari jurnal (2 penulis):

Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). ADA dan proses perekrutan dalam organisasi. Jurnal Konsultasi Psikologi: Praktek dan Penelitian, 45, 10-36.

Referensi dari jurnal (lebih dari 5 penulis):

Wolchik, SA, Barat, SG, Sandler, IN, Tein, J., Coatsworth, D., Lengua, L., dkk. (2000). Evaluasi eksperimental program ibu dan ibu-anak berbasis teori untuk anak-anak dari perceraian. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 68, 843-856.

Catatan: jika penulis lebih dari 6 penulis dalam satu referensi, gunakan et al.

 Referensi dari jurnal di surat kabar:

Zukerman, M., & Kieffer. SC (dalam pers). Perbedaan ras dalam face-isme: apakah penonjolan wajah menyiratkan dominasi? Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial.

 Referensi dari jurnal dan surat kabar:

Kandel, ER, & Squire, LR (2000, 10 November). Neuroscience: Mendobrak hambatan ilmiah untuk mempelajari otak dan pikiran. Sains, 290, 1113-1120.

 Referensi dari artikel di surat kabar tanpa penulis:

Leksikon perawatan kesehatan baru. (1993, Agustus/September). Salin Editor, 4, 1-2.

Referensi tanpa masalah dan tanpa nomor seri:

Wolchik, SA, Barat, SG, Sandler, IN, Tein, J., Coatsworth, D. (2000). Evaluasi eksperimental program ibu dan ibu-anak berbasis teori untuk anak-anak dari perceraian. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 58(1, Serial No. 231).

Referensi dari jurnal tambahan:

Wolchik, SA, Barat, SG, Sandler, IN, Tein, J., Coatsworth, D. (2000). Evaluasi eksperimental program ibu dan ibu-anak berbasis teori untuk anak-anak dari perceraian. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 24(Suppl. 2), 4-14

Referensi dari buku:

Beck, CAJ, & Penjualan, BD (2001). Mediasi keluarga: Fakta, mitos, dan prospek masa depan. Washington, DC: Asosiasi Psikologi Amerika.

Referensi dari buku ketiga dan nama penulis dengan penambahan Jr. (Junior):

Mitchell, TR & Larson, JR, Jr. (1987). Orang-orang dalam organisasi: Pengantar perilaku organisasi (edisi ke-3). New York: McGraw-Hill.

Referensi dari buku yang diedit:

Mitchell, TR & Larson, JR (Eds.). (1987). Orang-orang dalam organisasi: Pengantar perilaku organisasi. New York: McGraw-Hill.

Referensi dari buku tanpa penulis dan editor:

Kamus perguruan tinggi Merriam-Webster (edisi ke-10). (1993). Springfield, MA: Meriam-Webster.

Referensi dari buku revisi:

Beck, CAJ, Penjualan, BD (2001). Mediasi keluarga: Fakta, mitos, dan prospek masa depan (Rev. ed.). Washington, DC: Asosiasi Psikologi Amerika.

Referensi dari ensiklopedia dan kamus:

Sadie, S. (Ed.). (1980). Kamus musik dan musisi Grove yang baru (edisi ke-6, Jilid 1-20). London: Macmillan.

Referensi dari buku terjemahan bahasa Inggris:

Laplace, PS (1951). Esai filosofis tentang probabilitas (FW Truscott & FL Emory, Trans.). New York: Dover. (Karya asli diterbitkan tahun 1814).

Referensi dari brosur:

Pusat Penelitian dan Pelatihan Hidup Mandiri. (1993). Pedoman pelaporan dan

menulis tentang penyandang disabilitas (edisi ke-4) [brosur]. Lawrance, KS: Pengarang.

Referensi dari media audiovisual:

Scorsese, M. (Prosedur), & Lonergan, K. (Penulis/Sutradara). (2001). Anda dapat mengandalkan saya [Film bergerak]. Amerika Serikat: Paramount Pictures.

Referensi dari rekaman suara:

Costa, PT, Jr. (Pembicara). (1988). Kepribadian, kesinambungan, dan perubahan kehidupan dewasa (Cassette Recording No. 207-433-88A-B). Washington, DC: Asosiasi Psikologi Amerika.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.