Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah Dalam Tafsir Fî Zhilâlil Qur`An Karya Sayyid Quthb
Keywords:
Pendidikan Karakter, Anak Usia MI, Tafsir Fî Zhilâlil Qur`an, QS. Al-An’am 151-153, QS. Luqman ayat 12-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis materi, tujuan, dan metode pendidikan karakter yang dapat ditanamkan kepada anak usia MI yang terdapat dalam tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthbdalam QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19 sesuai ajaran Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan sehingga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber penelitian ini adalah tafsir Fî Zhilâlil Qur`an karya Sayyid Quthbkhususnya QS. Al-An’am ayat 151-153 dan QS. Luqman ayat 12-19.
Hasil penelitian materi karakter yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Religius(Tauhid, Cinta kepada Kedua Orang Tua), Peduli Sosial (Zakat, Memelihara Anak Yatim), dan Jujur (Jujur dalam Perniagaan, Jujur dan Adil kepada Kerabat). Sedangkan materi pendidikan karakter yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Religius (Tauhid, Syukur, Mendirikan Shalat, Cinta Kepada Orang Tua), Toleransi, Cinta Damai, dan Rasa Ingin Tahu. Tujuan yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah Agar Manusia Tidak MenyekutukanAllah, Agar Seorang Anak Mencintai Orang Tuanya, Agar Manusia Menjaga Hubungan dengan Sesama, Agar Manusia Bisa Membedakan antara yang Halal dan Haram, dan Agar Manusia Memelihara Anak Yatim. Sedangkan tujuan yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Agar Manusia tidak Menyekutukan Allah, Agar Manusia Bersyukur, Agar Manusia Mendirikan Shalat, dan Agar Seorang Anak Berbakti kepada Kedua Orang Tuanya, Agar Manusia Mengamalkan Ilmunya, danAgar Manusia tidak Sombong. Metode yang terdapat dalam QS. Al-An’am adalah metode Pendidikan Karakter dengan Keteladanan, Menjaga Ukhuwah Islamiyah, Reward and Punishment, Pengulangan, dan Bersikap Adil. Sedangkan metode yang terdapat dalam QS. Luqman adalah Metode Penanaman Karakter dengan Keteladanan, Pengulangan, dan Kasih Sayang/Lemah Lembut.