Strategi Pemasaran Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang, serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung terlaksananya Strategi Pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitiannya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang. Sumber data kami dapat dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru bidang studi, humas, staff dan murid. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data kami menggunakan teknik trianggulasi.
Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang, tidak lepas dari 7 komponen penting yang saling mendukung yaitu: Segmentasi pasar, Harga, kualitas, Lokasi Madrasah, promosi, distribusi dan sarana prasarana Madrasah yang memadai (2) Strategi pelaksanaan pemasaran MTSN 17 Jombang (3) Strategi penilaian pemasaran (4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang.